Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menyambut Usia Baligh melalui Implementasi Metode Talking Stick

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i2.156

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Interaktif, Talking Stick, Usia Baligh, Classroom Action Research, Interactive Learning, Islamic Education, Puberty

Abstract

Tantangan yang sering muncul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya berupa rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa, khususnya pada materi penting seperti usia baligh yang menjadi fase transisi krusial bagi peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada materi menyambut usia baligh melalui penerapan metode Talking Stick di kelas IV SD Negeri Sapih I, Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi keaktifan siswa, tes formatif tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 37,5% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Talking Stick efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi menyambut usia baligh dalam pembelajaran PAI.

In Islamic Education challenges often arise in the form of low student motivation and engagement, particularly when addressing essential topics such as the age of puberty (baligh), a crucial transitional phase for fourth-grade students. This study aims to improve learning outcomes in PAI on the topic of welcoming the age of puberty through the application of the Talking Stick method in Grade IV at SD Negeri Sapih I, Lumbang, Probolinggo Regency. The research employed a Classroom Action Research design conducted in two cycles, each consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. Data were collected through observations of student activeness, formative written tests, and documentation. The findings revealed a significant improvement in student learning outcomes, with mastery levels increasing from 37.5% in the first cycle to 75% in the second cycle. These results indicate that the Talking Stick method is effective in enhancing students’ motivation, participation, and understanding of the topic of welcoming the age of puberty in Islamic Education.

References

Ali, D., Matters, L. N., & Naidoo, Z. E. (2024). Talking stick model to increase student learning activity. Journal of Education and Computer Applications, 1(2), 9–14. https://doi.org/10.69693/jeca.v1i2.15

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy. Longman.

Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to research in education (8th ed.). Wadsworth.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report.

Dewi, F. F., Nasution, N. E. A., & Rizka, C. (2025). The effect of the make a match learning model assisted by picture card media on students' cognitive learning outcomes in the human respiratory system topic. Inornatus: Biology Education Journal, 5(1), 48–63. https://doi.org/10.30862/inornatus.v5i1.833

Fitria, I. N., Ulfa, U., & Prassasty, A. (2025). Implementasi metode pembelajaran pretend play untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama anak usia 5–6 tahun di RA Nurul Huda Banyubang Grabagan Tuban. Muara Pendidikan: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan & Sosial Humaniora, 1(3), 167–175. https://doi.org/10.64365/muradik.v1i3.44

Hasanah, N. U., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2022). The effect of interactive multimedia Adobe Flash Professional CS6 on student learning outcomes of excretion system material based on the revised Bloom taxonomy. Proceeding CGANT Unej. http://proceedingcgantunej.or.id/index.php/proceedingcgant/article/view/10/13

Hasriadi, H., Sholehan, S., & Musdianti, M. (2025). The implementation of innovative “Kantong Sholat” media to enhance students' learning motivation at integrated Islamic elementary schools. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 11(1), 99–109. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v11i1.2572

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Hikmah, N., & A’yuni, N. (2025). Penerapan model pembelajaran aktif tipe talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Mustaqim. Jurnal Pendidikan Kritis dan Kolaboratif, 1(1), 50–54. https://ojs.jurnalstuditindakan.id/jpkk/article/download/61/61

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Indrayani, V., Yanti, N., Diani, I., Noermanzah, N., & Kurniawan, R. (2024). The effectiveness of the talking stick method in improving viewing skills in the digital age. IJLECR (International Journal of Language Education and Cultural Review), 10(2), 227–236. https://doi.org/10.21009/ijlecr.v10i2.49484

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Maksumah, N. M., & Qibtiyah, M. (2025). Penggunaan media pembelajaran Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 315–335. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.41

Mesra, R., Runtuwene, F. P., Manikome, D. D., & Aling, K. G. A. (2025). Faktor-faktor yang menghambat keaktifan belajar siswa kelas IV SD Inpres Timbukar tahun ajaran 2022/2023. Naluri Edukasi: Jurnal Pendidikan, 1(6), 293–308. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5260

Najmira, S., Insani, N., Maharani, L. A., Sastradipura, R. A., & Rostika, D. (2023). Analisis perilaku less-interaction siswa dalam proses pembelajaran kelas. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3591–3601. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2344

Novellia, Z. N. (2025). Implementasi strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Cendekia: Jurnal Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.64683/cendekia.v2i1.17

Nugraha, A. A., Purwati, H., & Ariyanto, L. (2023). Problem-based learning integrated with flipped classrooms assisted by Google Sites to improve student mathematics learning achievement. Jurnal Pijar Mipa, 18(5), 670–675. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.5428

Nurlaela, E., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2024). Implementasi metode talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8694

Nurohmah, I., Fauzi, I., Himmah, F., & Mahnun, N. (2025). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi zakat melalui model pembelajaran kooperatif numbered head together. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 2(1), 161–175. https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i1.60

Panjaitan, U. M. (2025). Menerapkan model pembelajaran aktif dalam Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterlibatan siswa di abad 21. Edukatif, 3(1), 119–125. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/1302

Robeah, I., Mu’is, A., & Holil. (2025). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi zakat melalui metode snowball throwing. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 2(1), 97–110. https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i1.112

Rosmiati, M., Mukaffan, Hasan, N., & Fauyan, M. (2025). Upaya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada materi salat melalui metode demonstrasi. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 301–314. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.40

Rushmer, R. K., Hunter, D. J., & Steven, A. (2014). Using interactive workshops to prompt knowledge exchange: A realist evaluation of a knowledge to action initiative. Public Health, 128(6), 552–560. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2014.03.012

Ruslandi, U., Qomariyah, S., & Sumitra, M. (2025). Peran metode pembelajaran diskusi dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di MAS Tarbiyatul Islamiyah. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(1), 79–90. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i1.1203

Sa’diyah, H., Manshur, U., & Suhermanto, S. (2024). Integration of talking stick and audio visual: An innovative approach in improving student learning outcomes. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 48–60. https://doi.org/10.62097/falasifa.v15i1.1779

Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Santrock, J. W. (2018). A topical approach to life-span development (10th ed.). McGraw-Hill.

Sanyata, Y. P. D., Aulia, Y., Ardiansyah, L., Karisima, N. N. P., & Kurniawan, A. A. (2024). Strategi manajemen pendidikan karakter dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 108–114. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/233

Sriyanta, S., Mujahid, K., & Suranto, M. (2025). Pendidikan holistik dalam pengembangan karakter siswa. Tsaqofah, 5(2), 1639–1646. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i2.4899

Sunarsi, D., Teriyan, A., & Haryadi, R. N. (2024). Sinergi pendidikan dan pemberdayaan: Program pengabdian kepada masyarakat melalui dialog interaktif dan pembelajaran berkelanjutan. SocServe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 19–24. https://journals.sanusantara.com/index.php/SocServe/article/view/40

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Tomlinson, C. A., & Jarvis, J. M. (2023). Differentiation: Making curriculum work for all students through responsive planning and instruction. In Systems and models for developing programs for the gifted and talented (pp. 599–628). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781003419426-22/differentiation-making-curriculum-work-students-responsive-planning-instruction-carol-ann-tomlinson-jane-jarvis

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. ASCD.

Viora, D., & Pebriana, P. H. (2024). Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa di SD. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 7599–7608. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8761

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahyudi, F. H. (2023). Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode talking stick di kelas VII B MTsN 2 Pamekasan (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).

Wardani, N. (2025). Penggunaan deep learning berbasis sosiolinguistik untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah di pendidikan dasar. Journal of Elementary Education Research, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.70716/jeer.v1i1.63

Zega, I., Seofeto, A. I. O., Zebua, S. C., Bate’e, F. S., & Bawamenewi, A. (2024). Optimizing classroom engagement: Improving student focus and participation using the talking stick learning model. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 10(2), 368–374. http://10.0.217.85/jr.10.1.9735.368-374

Downloads

Published

11-11-2025

How to Cite

Hariyanto, Hepni, & Qibthiyah, M. (2025). Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menyambut Usia Baligh melalui Implementasi Metode Talking Stick. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 2(2), 275–286. https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i2.156

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.