Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa pada Materi Salat melalui Metode Demonstrasi

Authors

  • Mia Rosmiati UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mukaffan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nurul Hasan SD Negeri Badean 02
  • Muchamad Fauyan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.40

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Pasanggrahan, Tegalwaru, Purwakarta, Hasil Belajar, Salat, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan fokus pada materi salat melalui penerapan metode demonstrasi di kelas VII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, pada tahun pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah 18 siswa dengan tingkat pemahaman yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, metode demonstrasi diterapkan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan siswa dalam melaksanakan salat. Hasil siklus pertama menunjukkan 33,33% siswa mencapai ketuntasan, sedangkan 66,67% belum tuntas, mengindikasikan adanya peningkatan namun belum optimal. Pada siklus kedua, diberikan penjelasan yang lebih rinci dan latihan intensif, yang berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang salat. Pada akhir siklus kedua, 95% atau 17 dari 18 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa dalam praktik salat melalui metode demonstrasi.

This study aims to improve student learning outcomes in Islamic Religious Education (PAI), specifically in the prayer module, through the use of the demonstration method in Grade VII at SMPN Satu Atap Terpadu 2 Pasanggrahan, Tegalwaru District, Purwakarta Regency, in the 2024/2025 academic year. The study subjects were 18 students with varied levels of understanding. Using Classroom Action Research (CAR), this study was conducted over two cycles. In the first cycle, the demonstration method was applied to enhance students' understanding and skills in performing prayer. Results from Cycle 1 showed that 33.33% of students achieved mastery, while 66.67% had not yet achieved the expected level, indicating progress yet with room for improvement. In Cycle 2, more detailed explanations and intensive practice were provided, successfully increasing students' understanding. By the end of Cycle 2, 95% of the students (17 out of 18) met the Minimum Mastery Criterion (KKM), demonstrating significant improvement in students’ skills in performing prayer through the demonstration method.

References

Ali, J. (2021). Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar proses metabolisme pada siswa kelas XII IPA-1. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 82-94. https://doi.org/10.51878/learning.v1i1.195

Anugrah, R. P. S., Julistiyana, M. U. Y., & Setiawan, A. (2024). Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i2.684

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, H. D., & Abeywickrama, P. (2010). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Longman.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Delina, A., Husna, Y., Ningsih, Y., Elfira, R., Yusri, F., & Warman, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran PBL Materi Asmaul Husna Kelas IV UPTD SDN 02 Koto Bangun. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(3), 168-173. https://publikasi.abidan.org/index.php/jpt/article/view/682

Denzin, N. K. (2012). The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods (3rd ed.). Aldine Transaction.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendy, R., & Irmwaddah, I. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa. Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-33. https://doi.org/10.35905/dialektika.v1i1.1976

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). Pearson.

Groves, R. M., Fowler, F. J., Couper, M. P., Lepkowski, J. M., Singer, E., & Tourangeau, R. (2009). Survey Methodology (2nd ed.). Wiley.

Hidayatullah, M. (2023). Model Pembelajaran Praktis dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3rd ed.). Deakin University Press.

Khotimah, I., Kholil, M., & Hasyim, N. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi di Kelas X.T SMA Fullday Al Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 81–93. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/15

Mahmudah, S., Muhith, A., & Afandi, A. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sujud Tilawah Kelas VII di SMP Negeri 1 Banyuglugur Situbondo. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 119–133. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/25

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Musya’adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556

Nasution, N.E.A., Al Muhdhar, M.H.I., Sari, M.S., & Balqis. (2023). Relationship between Critical and Creative Thinking Skills and Learning Achievement in Biology with Reference to Educational Level and Gender. Journal of Turkish Science Education, 20(1), 66-83. https://doi.org/10.36681/tused.2023.005

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.

Putri, A., & Sukmadinata, N. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Demonstrasi dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.

Sanusi, U., & Fauzi, I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Sujud Syukur, Sahwi, dan Tilawah melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII Semester 1 SMPN 3 Klari. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 1–15. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/10

Stringer, E. T. (2014). Action Research (4th ed.). SAGE Publications.

Umar, U., & Widodo, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 458-465. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2131

Downloads

Published

19-02-2025

How to Cite

Rosmiati, M., Mukaffan, Hasan, N., & Fauyan, M. (2025). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa pada Materi Salat melalui Metode Demonstrasi. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 301–314. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.40

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.