Penggunaan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Nikmatul Maula Maksumah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Hepni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mariyatul Qibtiyah SMP Negeri 2 Jenggawah

DOI:

https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.41

Keywords:

Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Media Pembelajaran Canva, Asmaul Husna, Project-Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Pemahaman Siswa, Probolinggo

Abstract

Ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Pakuniran yang ditunjukkan oleh minimnya partisipasi aktif dan ketidakpedulian terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Pakuniran II dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media pembelajaran Canva. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan 18 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dapat meningkatkan motivasi belajar. Pada siklus pertama, 60% siswa menunjukkan peningkatan motivasi. Pada siklus kedua, motivasi siswa meningkat lebih signifikan, dengan 83% siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif. Canva sebagai media pembelajaran yang visual dan interaktif membuat siswa lebih kreatif dan memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Canva efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

This study aims to improve the learning motivation of fourth-grade students at SD Negeri Pakuniran II in the subject of Islamic Education and Character Education through the use of Canva as a learning medium. The study background stems from students' low motivation, indicated by limited active participation and disengagement during lessons. This Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection stages, with 18 students as participants. Results show that Canva increased student motivation. In the first cycle, 60% of students demonstrated improved motivation. In the second cycle, this increased to 83%, with students showing more active engagement. Canva’s visual and interactive approach allowed students to learn creatively and enhance their understanding. This research concludes that Canva is an effective tool for boosting student motivation.

References

Fauzian, R., Hadiat, Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). Penguatan moderasi beragama berbasis kearifan lokal dalam upaya membentuk sikap moderat siswa madrasah. Al-Wijdãn Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v6i1.933

Fauziyah, N., Ramadhini, A., Wardhana, K., & Hidayat, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Era Globalisasi Digital. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 181-193. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.5925

Fitri, N., Karim, A., & Yulianawati, D. (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Jaring-Jaring Makanan di SDN Kertayasa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(4), 110–120. https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i5.5545

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a.

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 131-147. doi:https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344

Kusumawati, A. A. (2024). Self Regulation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal EMPATI, 13(3), 242-247. https://doi.org/10.14710/empati.2024.45013

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

Muhlasin, & Rofingah, U. (2023). Arabic Speaking Learning: A Suitable Method Can Be Used By Teacher. The Progress: Journal of Language and Ethnicity, 1(2), 72–81. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/progress/article/view/1986

Muin, A. K. (2019). Media pembelajaran audio visual pendidikan agama Islam (pp. 1–117).

Nadiah, N., Fauzi, I., & Himmah, F. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 16–31. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/1

Nasution, N. E. A., & Rizka, C. (2024). Investigating University Student’s Acceptance of Virtual and Remote Labs in Their Learning. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 27(1), 47-62. https://doi.org/10.24252/lp.2024v27n1i4

Nasution, N. E. A. & Sofyan, M. (2024). Development of Pisces Diversity E-Module based on Fish Identification Research in Plalangan Village, Jember. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 5(1), 1-15. https://doi.org/10.35719/mass.v5i1

Nasution, N. E. A., Yasin, R., & Rizka, C. (2024). Development of An RPG Maker Mv-Based Interactive Game as Learning Media on Virus Materials for Grade X Students at Nurul Islam Jember Senior High School. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 15(3), 457-475. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v15i3.74029

Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva untuk mengembangkan budaya literasi digital siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500–1511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432

Roma, N. R., Thahir, I., & Akram. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar siswa sebagai media pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–186. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.301

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67-85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249

Saputera, A. A. (2022). Tingkat pemahaman moderasi beragama, integrasi, dan internalisasi pengembangan nilai-nilainya di MA. Alkhairaat Kota Gorontalo. Moderatio, 2(1), 1–23. https://e-journal.metrouniv.ac.id/moderatio/article/view/4599

Shawmi, A. N., Samiha, Y. T., Alfarizi, M. R., Liza, T., Sapitri, W., Lestari, U. M., & Liza, L. L. (2023). Analisis Hasil Penggunaan Media Pembelelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01), 44-52. https://doi.org/10.62668/jimr.v2i01.618

Silaswati, D. (2022). Mempersiapkan kelas yang kondusif dalam upaya optimalisasi fokus belajar pada siswa sekolah dasar. Creative of Learning Students Elementary Education, 5(6), 1253–1258. https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.14568

Soraya, S. Z., & Sukmawati, Y. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 34-42. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6920

Supyan, M., Dasuki, M., & Sa’idah, S. N. (2024). Penerapan Gamifikasi berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Islam pada Siswa Kelas 4 SDN 2 Jetis Situbondo. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 47–54. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/6

Yohana, A., & Saifulloh, M. (2019). Interaksi simbolik dalam membangun komunikasi antara atasan dan bawahan di perusahaan. Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 128. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.720

Downloads

Published

19-02-2025

How to Cite

Maksumah, N. M., Hepni, & Qibtiyah, M. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 315–335. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.41

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.