Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Interaktif pada Materi Huruf Hijaiyah Bersambung dan Harakat di Kelas II SD Negeri 1 Plalangan Situbondo
Keywords:
Hasil belajar, pembelajaran interaktif, huruf hijaiyah bersambung dan harakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Plalangan pada materi huruf hijaiyah bersambung dan harakat melalui penerapan pembelajaran interaktif. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif mampu meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar mereka. Pada siklus kedua, sebanyak 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
This study aims to improve the learning outcomes of second-grade students at SD Negeri 1 Plalangan on the topic of Connected Hijaiyah Letters and Harakat through the implementation of interactive learning. The background of this research is the low learning outcomes of students, attributed to conventional teaching methods that lack active student engagement. The research method used is Classroom Action Research (CAR), conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection stages. The results show that implementing interactive learning can enhance students' participation and learning outcomes. In the second cycle, 90% of the students achieved the Minimum Mastery Criteria (KKM). Based on these findings, it can be concluded that interactive learning is effective in improving students' learning outcomes.
References
Ali, M. (2010). Integrating Islamic values in the curriculum: Challenges and implications. International Journal of Humanities and Social Science.
Alwi, A. (2015). Pengajaran Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Darajat, Z. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: CV. Pustaka Agung Harapan.
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif: Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme Bagi Guru. Jakarta: AV Publisher.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Educational Psychology: Windows on Classrooms. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Hamdani, N., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh metode pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah.
Hadi, A. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). The Action Research Planner. Melbourne: Deakin University.
Maulana, R., & Sugito, S. (2020). Implementasi pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bacaan hijaiyah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Mulyasa, E. (2018). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muniroh, A., & Hadi, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi pada pembelajaran huruf hijaiyah di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam.
Musfirah, L., & Rahmawati, D. (2021). Penggunaan media audio-visual dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan Madrasah.
Nasution, N. E. A., Yasin, R., & Rizka, C. (2024). Development of An RPG Maker Mv-Based Interactive Game as Learning Media on Virus Materials for Grade X Students at Nurul Islam Jember Senior High School. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 15(3), 457-475. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v15i3.74029
Nasution, N. E. A., & Rizka, C. (2024). Investigating University Student’s Acceptance of Virtual and Remote Labs in Their Learning. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 27(1), 47-62. https://doi.org/10.24252/lp.2024v27n1i4
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York, NY: Basic Books.
Samad, R., & Usman, M. (2021). Developing interactive Arabic reading applications for elementary students. Journal of Educational Technology.
Santrock, J. W. (2017). Educational Psychology. Boston, MA: McGraw-Hill Education.
Sukardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL OF PEDAGOCICAL AND TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.