Peningkatan Pemahaman Rukun Iman melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SDN 5 Tanjung Kamal Situbondo

Authors

  • Abdul Khalik UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ahmad Royani UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Evi Muafia SMK I Situbondo

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Rukun Iman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang Rukun Iman melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, Share (TPS). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Tahun Pelajaran 2024/2025, yang terdiri dari 8 siswa, 1 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi tes hasil belajar PAI, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar PAI siswa pada pemahaman materi Iman kepada Hari Akhir. Pada siklus I, hasil tes menunjukkan 46% siswa mencapai ketuntasan dan 54% belum tuntas, dengan keaktifan siswa mencapai 64%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan 88% siswa tuntas dan 12% belum tuntas, serta keaktifan siswa meningkat menjadi 64%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, Share efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Rukun Iman, khususnya terkait hari akhir dan hikmahnya.

This research aims to determine the improvement of students' understanding in Islamic Religious Education (PAI) regarding the Rukun Iman using the Think, Pair, Share (TPS) cooperative learning model. The subjects of this study were fifth-grade students at SDN 5 Tanjung Kamal, Mangaran District, Situbondo Regency, for the 2024-2025 academic year, consisting of 8 students: 1 male and 7 females. This quantitative study used a two-cycle design. The research instruments included PAI learning outcome tests, student activity observation sheets, and student response sheets. The results showed a significant improvement in students' PAI learning outcomes related to understanding the material on Faith in the Last Day. In the first cycle, 46% of students achieved mastery, while 54% had not yet reached mastery, with student engagement at 64%. In the second cycle, 88% of students achieved mastery, and 12% remained below the standard, while student engagement increased to 64%. Thus, the Think, Pair, Share cooperative learning model effectively enhances students' understanding of the Pillars of Faith, particularly regarding the Last Day and its significance.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill.

Arifin, S. (2022). Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam iman kepada hari akhir. Mas Mansyur: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/MasMansyur/article/viewFile/13149/4879

Gillies, R. M. (2007). Cooperative Learning: Integrating Theory and Practice. SAGE Publications.

Indayani, N. (2021). Pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/37432/19475

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). Cooperation and Competition: Theory and Research. Interaction Book Company.

Kamil, R. V., Darnies, Y., & Rifma, Y. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(5). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1744/pdf

Khoiruddin, & Supriyanah. (2021). Pengaruh model pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X di SMA Kutabumi 1 Tangerang Banten. Jurnal Inovasi dan Kreatifitas, 4(1). https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JIKa/article/view/3883/1854

Magdalena. (2020). Meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dalam desain instruksional berbasis daring di Sekolah Dasar Negeri Pangakalan 1. Assabiqun: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/1002/696

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1). https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf

Nurhayati, R. (2017). Aqidah Akhlak. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Rivai, S., & Dunggio Mohamad, F. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV sekolah dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal, 7(1). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/566/462

Rukmini, A. (2020). Model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran PKN SD. SHES: Journal of Social Humanities and Educational Studies, 1(1). https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/57088/33720

Rukmini, D. (2020). Pembelajaran Kooperatif dan Aplikasinya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Slavin, R. E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice (10th ed.). Pearson.

Downloads

Published

27-10-2024

How to Cite

Khalik, A., Royani, A., & Muafia, E. (2024). Peningkatan Pemahaman Rukun Iman melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SDN 5 Tanjung Kamal Situbondo. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 94–104. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/17

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.