Peningkatan Hasil Belajar Materi Sujud Syukur, Sahwi, dan Tilawah melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII Semester 1 SMPN 3 Klari
Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Metode DemontrasiAbstract
Penelitian Tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi Sujud siswa kelas VII-G semester 1 SMPN 3 Klari-Karawang. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Hal ini diperkuat dengan temuan bahwa siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, kurang antusias dan pembelajaran cenderung berjalan searah (teacher Center). Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demontrasi pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII-G di SMPN 3 Klari. Metode yang digunakan ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu Perencanaan, Tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Demontrasi mengalamai peningkatan. Rincian ketuntasan hasil belajar Pra siklus sebesar 52,17%, hasil belajar Siklus I sebesar 65%, dan hasil belajar siklus II sebesar 86%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan metode demontasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Sujud.
This classroom action research is motivated by the low learning outcomes of Islamic Religious Education and Character Building material of Sujud class VII-G students in semester 1 of SMPN 3 Klari-Karawang. Based on the results of observations, it was found that student learning outcomes had not yet reached the Learning Objective Achievement Criteria. This is reinforced by the finding that students tend to be passive in learning, less enthusiastic and learning tends to be one-way (teacher center). The purpose of this study is to improve student learning outcomes through demonstration methods in Islamic Religious Education and Character Building class VII-G at SMPN 3 Klari. The method used is the Classroom Action Research (CAR) method. This method is carried out in four stages, namely Planning, Action, observation and reflection. Data collection techniques use observation and tests. Data validity uses triangulation of sources and techniques. The results of the study showed that student learning outcomes after the Demonstration method was applied increased. Details of the completeness of Pre-cycle learning outcomes were 52.17%, Cycle I learning outcomes were 65%, and Cycle II learning outcomes were 86%. From these results, it can be concluded that the application of the demonstration method can improve the learning outcomes of Islamic Religious Education and Character Education on Prostration Material.
References
Ali, M. (2010). Integrating Islamic values in the curriculum: Challenges and implications. International Journal of Humanities and Social Science, 1(11), 217-222
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill. Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers
Darajat, Zakiyah. (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan
Daryanto, (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Bagi Guru. Jakarta: AV Publisher
Hadi, Amirul. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia
Jamra, Syaiful Bahri, at.all, (2000). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Rasjid, Sulaiman, (2018). Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Rostiyah NK, (2008). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, (1995). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Sinar Baru: Algesindo
Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodi, (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdikarya
Usman, Basyirudin. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL OF PEDAGOCICAL AND TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.