Peningkatan Pemahaman Materi Salat Siswa melalui Media dan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.13Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Pemahaman Siswa, Teknologi Informasi, Media dan Bahan Ajar, Materi SalatAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SD Negeri 1 Wanayasa mengenai materi Salat melalui media dan bahan ajar berbasis teknologi informasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, yang tampak pada hasil evaluasi sebelumnya. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Media berbasis IT yang digunakan antara lain media interaktif, video tutorial Salat, dan bahan ajar digital yang bisa diakses siswa dalam dan luar kelas. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, di mana nilai rata-rata naik dari 65 pada awal penelitian menjadi 75 di siklus pertama dan 85 di siklus kedua. Implementasi teknologi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga minat dan motivasi siswa dalam belajar agama. Dengan demikian, media dan bahan ajar berbasis IT efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama di sekolah dasar.
This Classroom Action Research aims to enhance the understanding of sixth-grade students at SD Negeri 1 Wanayasa regarding prayer through IT-based media and teaching materials. The study arose from the observed low comprehension of prayer content, as indicated by previous evaluations. Conducted over two cycles—each comprising planning, action, observation, and reflection—the approach involved interactive media, prayer tutorial videos, and digital learning materials accessible both in and outside the classroom. Results showed significant improvements, with students' average scores rising from 65 initially to 75 in the first cycle and reaching 85 in the second. The use of technology not only boosted comprehension but also increased students' interest and motivation in learning religious content. Hence, IT-based media and resources provide an effective solution for enhancing religious education in primary schools.
References
Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057-2068. https://doi.org/10.58230/27454312.670
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Allyn & Bacon.
Budihartono, E., Maulana, A., Rakhman, A., & Basit, A. (2022). Peningkatan pemahaman siswa tentang teknologi iot melalui workshop teknologi iot. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1595-1602. http://dx.doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7519
Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a.
Hidayat, R., & Azis, M. (2021). Technology-Based Islamic Education Learning Innovation for the 21st Century. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(3), 45–56.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Nadiah, N., Fauzi, I., & Himmah, F. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 16–31. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/1
Nasution, N. E. A. & Sofyan, M. (2024). Development of Pisces Diversity E-Module based on Fish Identification Research in Plalangan Village, Jember. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 5(1), 1-15. https://doi.org/10.35719/mass.v5i1
Nasution, N. E. A., Yasin, R., & Rizka, C. (2024). Development of An RPG Maker Mv-Based Interactive Game as Learning Media on Virus Materials for Grade X Students at Nurul Islam Jember Senior High School. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 15(3), 457-475. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v15i3.74029
Nasution, N. E. A., & Rizka, C. (2024). Investigating University Student’s Acceptance of Virtual and Remote Labs in Their Learning. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 27(1), 47-62. https://doi.org/10.24252/lp.2024v27n1i4
Ni’mah, N. K., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media genially dalam pembelajaran daring bahasa indonesia pada siswa kelas x sma negeri 5 malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Saripudin, P. (2024). Penerapan PAI dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SDN Sangkanurip. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 316–322. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.934
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. Pearson Education.
Setiawati, A. (2023). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum merdeka untuk meningkatkan pendidikan agama Islam di sekolah dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 30-36. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/download/1155/904/3876
Susanto, B. H., & Hidayat, M. I. (2022). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak hiperaktif kelas V SD muhammadiyah ambarketawang 2, gamping, sleman. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(1), 40-51. https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i1.5169
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.