Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Mind Mapping pada Materi Teladan Mulia Asmaulhusna dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Sawitri Maryani UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rif'an Humaidi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Erwin Trisnawati MI Negeri 4 Jember
  • Dedy Afriza Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.34

Keywords:

Hasil Belajar, Teladan Mulia Asmaulhusna, Mind Mapping, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Purwakarta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi teladan mulia Asmaulhusna di kelas IVA SDN 1 Mulyamekar, Purwakarta. Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Siswa terlihat pasif, kurang antusias, dan pembelajaran didominasi oleh guru (teacher-centered). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode Mind Mapping. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar: ketuntasan belajar pada Siklus I mencapai 53,66%, sedangkan Siklus II mencapai 80,25%. Kesimpulannya, penerapan metode Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teladan mulia asmaulhusna.

This study is motivated by the low learning outcomes of students on the noble role models of Asmaulhusna material in the Islamic Education and Character subject for Class IVA at SDN 1 Mulyamekar-Purwakarta. Initial observations indicated that student achievement had not yet met the Learning Objective Achievement Criteria. Students appeared passive, less enthusiastic, and learning was teacher-centered. This study aims to improve learning outcomes through the Mind Mapping method. The Classroom Action Research (CAR) method was used with four stages: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques included observation and testing, and data validity was ensured through source and technique triangulation. Results showed an improvement in student learning outcomes: the completion rate in Cycle I was 53.66%, rising to 80.25% in Cycle II. In conclusion, applying the Mind Mapping method effectively enhances students' learning outcomes on the noble role models of Asmaulhusna material.

References

Aji, S. F. (2022). Mind Mapping Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Asmaul Husna. ALBAHRU, 1(1). http://jurnal.mgmp-paikepri.org/index.php/albahru/article/view/8

Aminingtyas, M., & Wardhani, J. D. (2023). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Berbasis Portal Rumah Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 590-601. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.268

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Buzan, T. (2018). The Mind Map Book: Unlock your creativity, boost your memory, change your life. New York: Penguin.

Chatib, M. (2011). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Mizan.

Departemen Agama. (2006). Al-Qur’an dan terjemahan. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Dewantara, K. H. (2020). Pendidikan Karakter untuk Bangsa. Jakarta: Kompas Gramedia.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dong, Y., Zhu, S., & Li, W. (2021). Promoting sustainable creativity: An empirical study on the application of mind mapping tools in graphic design education. Sustainability, 13(10), 5373. https://doi.org/10.3390/su13105373

Fauzi, S. A. ., & Mustika, D. . (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113

Khotimah, I., Kholil, M., & Hasyim, N. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi di Kelas X.T SMA Fullday Al Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 81–93. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/15

Lie, N. L., Mujiyanto, M., & Suherman, S. (2024). Integrasi Model TQM, PDCA, dan Analisis Swot Dalam Peningkatan Manajemen Mutu Pendidikan. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 199-205. https://doi.org/10.57235/jerumi.v2i1.1793

Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui permainan tradisional tarik upih dalam meningkatkan motorik kasar anak. Generasi Emas, 3(1), 70-76. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5505

Muliana, C. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Mind Mapping dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 34-43. https://doi.org/10.56114/edu.v1i1.210

Naida, N., Syarifah, L., Kusrina, K., & Achmadi, N. (2024). Implementasi Manajemen Mutu Madrasah di MI Miftahul Huda Pamoroh Kadur Pamekasan. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 6(1), 1-11. https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/133

Nasution, N. E. A., Yasin, R., & Rizka, C. (2024). Development of An RPG Maker Mv-Based Interactive Game as Learning Media on Virus Materials for Grade X Students at Nurul Islam Jember Senior High School. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 15(3), 457-475. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v15i3.74029

Nasution, N. E. A., Putri, M. U., & Rizka, C. (2023). Analysis of Students' Learning Styles in Biology Subjects at Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Pedagogi Hayati, 7(1), 1-11. https://doi.org/10.31629/ph.v7i1.6758

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai - Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari - Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 78–86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114

Ridho, A., & Imron, M. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal Creativity, 1(2), 88-95. https://doi.org/10.62288/creativity.v1i2.10

Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57-68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517

Suherman, E., Muis, A., & Holili, M. (2024). Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pencegahan Perkelahian, Minuman Keras, dan Narkoba di Kelas XI SMK Negeri Campaka Purwakarta. Journal of Pedagocical and Teacher Professional Development, 1(1), 55–68. Retrieved from https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/7

Sun, M., Wang, M., Wegerif, R., & Peng, J. (2022). How do students generate ideas together in scientific creativity tasks through computer-based mind mapping?. Computers & Education, 176, 104359. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104359

St Asyah Alya Faradiba, P., & BAHRI, A. (2024). Systematic Literature Review: Using Mind Mapping to Improve Students' Creative Thinking Abilities. Journal Of Digital Learning And Distance Education, 3(1), 921-929. https://doi.org/10.56778/jdlde.v3i1.269

Vicha, V. A. K., Dinda, L. A. N. L., & Zaidhah, N. (2024). Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Melalui Pembelajaran Mind Mapping. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1191-1200. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.686

Downloads

Published

19-02-2025

How to Cite

Maryani, S., Humaidi, R., Trisnawati, E., & Afriza, D. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Mind Mapping pada Materi Teladan Mulia Asmaulhusna dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 279–290. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.34

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.