Peningkatan Pemahaman Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah melalui Metode Praktik Langsung Dipadukan dengan Media Audiovisual dalam Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i2.964

Keywords:

Alif Lam Qamariyah, Alif Lam Syamsiyah, Audiovisual, Hukum Bacaan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Qur’anic Reading Skills, Recitation Rules

Abstract

Pemahaman yang baik terhadap hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah merupakan aspek penting dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenali dan menerapkan hukum bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah melalui penerapan metode pembelajaran berbasis praktik yang dipadukan dengan media audiovisual. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, melibatkan tujuh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Data diperoleh melalui tes tertulis, tes praktik membaca Al-Qur’an, dan observasi keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan. Pada pra-siklus, hanya 5 siswa yang memperoleh nilai ≥80; pada siklus I, seluruh siswa mencapai nilai ≥80 dengan rata-rata 90,48; sedangkan pada siklus II, seluruh siswa memperoleh nilai di atas 90 dengan rata-rata 98,09. Analisis korelasi serial menghasilkan koefisien 0,534, lebih tinggi daripada r tabel (0,354 pada taraf 1%), yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pemahaman hukum bacaan dan keterampilan membaca. Kontribusi pemahaman hukum bacaan terhadap kemampuan membaca siswa mencapai 28,51%. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis praktik yang dipadukan dengan media audiovisual terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman tajwid dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

A solid understanding of the recitation rules of Alif Lam Syamsiyah and Alif Lam Qamariyah by students is crucial for improving their Qur’anic reading skills. However, many students still face difficulties in identifying and applying these rules. This study aimed to enhance students’ understanding of the recitation rules of Alif Lam Syamsiyah and Alif Lam Qamariyah through the implementation of practice-based learning methods combined with audiovisual media. The research employed a Classroom Action Research (CAR) design conducted in two cycles, involving seven seventh-grade students at SMP Negeri 3 Kaway XVI, West Aceh Regency. Data were collected through written tests, Qur’anic reading practice tests, and student engagement observations. The results revealed a significant improvement in understanding. In the pre-cycle, only five students scored ≥80; in the first cycle, all students achieved scores ≥80 with an average of 90.48; while in the second cycle, all students scored above 90 with an average of 98.09. Serial correlation analysis yielded a coefficient of 0.534, exceeding the r-table value (0.354 at the 1% level), indicating a significant relationship between rule comprehension and reading skills. The contribution of recitation rule comprehension to students’ reading ability reached 28.51%. Thus, practice-based learning methods integrated with audiovisual media proved effective in enhancing students’ tajweed understanding and Qur’anic reading skills.

References

Aquami. (2017). Korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan keterampilan menulis huruf Arab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1379

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Bernacki, M. L., Greene, M. J., & Lobczowski, N. G. (2021). A systematic review of research on personalized learning: Personalized by whom, to what, how, and for what purpose(s)? Educational Psychology Review, 33(4), 1675–1715. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09615-8

Daryanto. (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Av Publisher.

Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan terjemahannya. Departemen Agama RI.

Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.

Fathurrahman, M. (2021). Ilmu tajwid praktis. Pustaka Al-Muqsith.

Giftia, G. (2014). Peningkatan kemampuan baca tulis huruf Al-Qur’an melalui metode Tamam pada mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 112–123. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/210

Hajar, I. S., Chotib, M., & Yahya, M. (2025). Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman praktik wudhu dan salat pada anak usia dini. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 225–241. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.30

Hanifah, U., & Maulidin, S. (2025). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik. Khazanah: Jurnal Studi Ilmu Agama, Sosial dan Kebudayaan, 1(1), 64–74. https://jurnalp4i.com/index.php/khazanah/article/view/5294

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1992). The action research planner. Deakin University Press.

Kumala, N. (2020). Penggunaan video tutorial dalam meningkatkan pemahaman terhadap huruf Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah bagi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mamuju (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Marougkas, A., Troussas, C., Krouska, A., & Sgouropoulou, C. (2023). Virtual reality in education: A review of learning theories, approaches and methodologies for the last decade. Electronics, 12(13), 2832. https://doi.org/10.3390/electronics12132832

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Muhajirah, M. (2020). Basic of learning theory: (behaviorism, cognitivism, constructivism, and humanism). International Journal of Asian Education, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.23

Nadiah, N., Fauzi, I., & Himmah, F. (2024). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Al-Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 16–31. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.1

Nasution, N. E. A. (2024). Development of a digital escape room-assisted e-book in environmental science courses. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 5(2), 104–121. https://doi.org/10.35719/mass.v5i2.210

Perez, M. M. (2022). Second or foreign language learning through watching audio-visual input and the role of on-screen text. Language Teaching, 55(2), 163–192. https://doi.org/10.1017/S0261444821000501

Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Orion Press.

Puspitasari, N., & Yusuf, R. (2022). Peran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter religius peserta didik. Atta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital: Tinjauan literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.47945/alfikr.v10i1.378

Sanjaya, W. (2018). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the best of online and face-to-face learning: Hybrid and blended learning approach for COVID-19, post-vaccine, & post-pandemic world. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171. https://doi.org/10.1177/00472395211047865

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Suherman. (2017). Pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 75–88. https://doi.org/10.30821/ansiru.v1i2.1012

Syaifullah, M. (2017). Penerapan metode An-Nahdliyah dan metode Iqra’ dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 55–68.

Tohara, A. J. T., Shuhidan, S. M., Bahry, F. D. S., & Nordin, M. N. B. (2021). Exploring digital literacy strategies for students with special educational needs in the digital age. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(9), 3345–3358. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i9.5741

Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery, 62, 231–235. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051

Wei, Y., Hu, D., Tian, Y., & Li, X. (2022). Learning in audio-visual context: A review, analysis, and new perspective. arXiv preprint arXiv:2208.09579. https://doi.org/10.48550/arXiv.2208.09579

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12–12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Downloads

Published

11-11-2025

How to Cite

Maulizar, S., Lubis, A. H., & Usman. (2025). Peningkatan Pemahaman Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah melalui Metode Praktik Langsung Dipadukan dengan Media Audiovisual dalam Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 2(2), 329–338. https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i2.964