Pemanfaatan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i1.61

  Keywords:

Video Animasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Penelitian Tindakan Kelas, Animated Video Media, Learning Outcomes, Islamic Religious Education, Classroom Action Research

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi dalam pembelajaran, termasuk pemanfaatan media video animasi untuk meningkatkan efektivitas Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dalam pembelajaran PAI meningkatkan persentase ketercapaian indikator observasi aktivitas keberhasilan dari 52% pada siklus I menjadi 88% pada siklus III. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 37,5% pada siklus I menjadi 83% pada siklus III, dengan rata-rata nilai kelas meningkat dari 61 menjadi 81. Temuan ini membuktikan bahwa media video animasi mampu meningkatkan kreativitas guru, pemahaman siswa, serta minat dan motivasi belajar, menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.

The advancement of information technology has driven innovation in education, including the use of animated video media to enhance the effectiveness of Islamic Religious Education (PAI). This study employs a qualitative case study approach through observation, interviews, and documentation. The findings indicate that the use of animated videos in PAI instruction increased the achievement percentage of success indicators activity observation from 52% in Cycle I to 88% in Cycle III. Additionally, the number of students achieving mastery learning rose from 37.5% in Cycle I to 83% in Cycle III, with the average class score improving from 61 to 81. These results demonstrate that animated video media enhances teacher creativity, student comprehension, and learning motivation, making lessons more interactive and engaging.

References

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2023). Peningkatan kualitas pendidikan agama Islam melalui pengintegrasian kurikulum merdeka di SMAN 1 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 147-164. https://doi.org/10.61082/alfatih.v6i2.279

Ali, M. (2022). Optimalisasi kompetensi kepribadian dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–111. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/27

Alzahrani, F. K., & Alhalafawy, W. S. (2023). Gamification for learning sustainability in the blackboard system: motivators and obstacles from faculty members’ perspectives. Sustainability, 15(5), 4613. https://doi.org/10.3390/su15054613

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1170

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian tindakan kelas (Edisi revisi). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ

Berliana, G. P., Sritindiani, H., Luminary, H. T., Poja, L. L. A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan video animasi egoisme di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 18(2). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/21786

Boud, D., & Dawson, P. (2023). What feedback literate teachers do: an empirically-derived competency framework. Assessment & Evaluation in Higher Education, 48(2), 158-171. https://doi.org/10.1080/02602938.2021.1910928

Christopoulos, A., Pellas, N., Bin Qushem, U., & Laakso, M. J. (2023). Comparing the effectiveness of video and stereoscopic 360° virtual reality‐supported instruction in high school biology courses. British Journal of Educational Technology, 54(4), 987-1005. https://doi.org/10.1111/bjet.13306

Febriani, C. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8461

Gagne, R. M. (1974). Educational technology and the learning process. Educational Researcher, 3(1), 3-8.

Hafid, R., & Damiti, F. (2023, January). The Importance of Research and Science Innovations to Improving Education and Learning Systems. In Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 1163-1167). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0_139

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: Menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media. https://prenadamedia.com/product/teori-belajar-dan-pembelajaran-menciptakan-pembelajaran-yang-kreatif-dan-efektif/

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a

Jauhari, M. N. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Religius. Paradigma, 14(1).

Khotimah, I., Kholil, M., & Hasyim, N. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi di Kelas X.T SMA Fullday Al Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 81–93. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.15

Kim, J., Lee, H., & Cho, Y. H. (2022). Learning design to support student-AI collaboration: Perspectives of leading teachers for AI in education. Education and information technologies, 27(5), 6069-6104. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10831-6

Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving the personality character of students through learning Islamic religious education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65-77. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.15

Kunandar. (2013). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Rajawali Pers. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/langkah-mudah-penelitian-tindakan-kelas-sebagai-pengembangan-profesi-guru/

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://www.neliti.com/publications/334609/pengembangan-media-video-pembelajaran-pada-mata-pelajaran-ipa-tentang-sifat-dan

Maksumah, N. M., Hepni, & Qibtiyah, M. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 315–335. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.41

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876

Mayer, R. E. (Ed.). (2014). The Cambridge handbook of multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369

Muhaimin. (2008). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah (Cet. 5). Remaja Rosdakarya. https://www.researchgate.net/publication/327306919_Paradigma_Pendidikan_Islam_Upaya_Mengefektifkan_Pendidikan_Agama_Islam_di_Sekolah

Musya’adah, U. (2020). Peran penting pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 9–27. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556

Nurfitriyani, R., Kholil , M., Hasyim, N., & Salam, M. W. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Menggunakan Model Pembelajaran Joyful Learning. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 170–190. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.2

Nurjaman, M. I., Kholil , M., & Hasyim, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran di Kelas VI SDN Sukahaji Purwakarta. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 69–80. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.14

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/41223

Pratama, E. S., Umam, K., Syamsuddin, & Suwadi. (2025). Upaya Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Dakwah, Khutbah, dan Tabligh melalui Metode Drill dan Demonstrasi. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 201–214. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.23

Rahim, F. R., Sari, S. Y., Sundari, P. D., Aulia, F., & Fauza, N. (2022, July). Interactive design of physics learning media: The role of teachers and students in a teaching innovation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2309, No. 1, p. 012075). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012075

Sayekti, S. P., Dahlan, Z., & Al-Faruqi, M. F. (2021). Penerapan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 232–245. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.365

Syafira, D. L. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media audio visual terhadap prestasi belajar IPA kelas V SD. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.851

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan technology acceptance model (TAM) dalam analisis minat perilaku penggunaan e-money pada mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/201

Tangahu, W. (2022, January). Pembelajaran di sekolah dasar: Guru sebagai penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Teng, M. F. (2025). Effectiveness of captioned videos for incidental vocabulary learning and retention: The role of working memory. Computer Assisted Language Learning, 38(1-2), 206-234. https://doi.org/10.1080/09588221.2023.2173613

Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Holistika, 3(2), 111-126.German emigrants database (1998). Historisches Museum Bremerhaven. http://www.deutsche-auswanderer-datenbank.de.

Downloads

Published

13-05-2025

How to Cite

Nasrudin, C. D., Mashudi, & Taufik, M. (2025). Pemanfaatan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 2(1), 176–192. https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i1.61

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.