Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Adab Menggunakan Media Sosial Melalui Model Pembelajaran Bebasis Proyek

DOI:
https://doi.org/10.35719/jptpd.v2i1.62Keywords:
Adab Bermedia Sosial, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan Kelas, PjBL, Pembelajaran Bebasis Proyek , Project-Based Learning, Social Media EtiquetteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap adab menggunakan media sosial melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 siswa di SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta. Pada pra siklus, hanya 30% siswa yang memiliki pemahaman yang memadai terkait materi. Setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek, hasil observasi menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari kategori cukup dan kurang pada siklus I menjadi kategori baik dan sangat baik pada siklus II. Hasil tes juga menunjukkan peningkatan signifikan, di mana pada siklus I hanya 60% siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal ≥75, sedangkan pada siklus II seluruh siswa (100%) berhasil mencapai nilai tersebut. Penerapan pembelajaran berbasis proyek terbukti mampu meningkatkan partisipasi siswa, kepercayaan diri, dan pemahaman mereka terhadap adab bermedia sosial. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan literasi digital siswa secara lebih kontekstual.
This study aims to improve students' understanding of social media etiquette through the implementation of the project-based learning (PjBL) model. The research method used was classroom action research, consisting of two cycles, each including planning, implementation, observation, and reflection stages. The subjects were 10 students at SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta. In the pre-cycle stage, only 30% of students had an adequate understanding of the material. After implementing the PjBL model, observations showed an improvement in student engagement, shifting from the "fair" and "poor" categories in Cycle I to the "good" and "very good" categories in Cycle II. The test results also showed a significant increase, with only 60% of students meeting the minimum competency standard (KKM ≥ 75) in Cycle I, while in Cycle II, all students (100%) achieved this score. The implementation of PjBL effectively enhanced student participation, confidence, and understanding of social media etiquette. Therefore, this learning model is recommended for Islamic education to improve students' digital literacy in a more contextual manner.
References
Agustin, R. (2010). Kamus ilmiyah populer. Surabaya: Serba Jaya.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aufa, K. R. (2022). Adab komunikasi dalam Islam; Bijak dalam bermedia sosial. Hikmah, 16(2), 279-296. https://doi.org/10.24952/hik.v16i2.6492
Bank Data Perlindungan Anak. (2023, Maret 22). Pengasuhan anak di era digital pada masa pandemi. https://bankdata.kpai.go.id/infografis/pengasuhan-anak-di-era-digital-pada-masa-pandemi
Bertens, K. (2007). Etika. Jakarta: PT Sun Jakarta.
Bulletin APJII. (2022, Desember). Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Publikasi pada website: https://apjii.or.id/bulletin
Crawford, L. K., Arellano Carmona, K., & Kumar, R. (2024). Examining the impact of project-based learning on students’ self-reported and actual learning outcomes. Pedagogy in Health Promotion, 10(4), 241-249. https://doi.org/10.1177/23733799241234065
Dani, N. S., dkk. (2021). Landasan pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369-387. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602
Febyanto, C. (2016). Analisis pengaruh kelompok sosial dan keluarga terhadap perkembangan psikososial anak. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1). https://doi.org/10.29407/jpdn.v2i1.338
Firmanasari. (2011). Pendidikan agama Islam untuk sekolah menengah atas kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Frida, K., dkk. (2021). Modul etis bermedia digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Greve, S., Thumel, M., Jastrow, F., Krieger, C., Schwedler, A., & Süßenbach, J. (2022). The use of digital media in primary school PE–student perspectives on product-oriented ways of lesson staging. Physical Education and Sport Pedagogy, 27(1), 43-58. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1849597
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable operations and computers, 3, 275-285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a
Hasbullah. (1999). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Hendayani, M. (2019). Problematika pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Hidayah, E. N., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2022). The Effect of STEM integrated with Project Based Learning (PJBL) Model of Respiratory System Material to Students Activities and Learning Outcomes. Proceeding Cgant Unej. https://doi.org/cgantjma.v2i2.64
Holifah, S., Dasuki, M., Sa’idah, S. N., & Husni, R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Role playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 291–300. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.35
Juminem, J. (2019). Adab bermedia sosial dalam pandangan Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 23-34.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2014). The action research planner. Singapore: Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Kirom, A., Farihah, U., & Nisak, F. U. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sujud Syukur. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 242–251. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.31
Maksumah, N. M., Hepni, & Qibtiyah, M. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 315–335. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.41
Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147-4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036
Majid, A., & Andiyani, D. (2004). Pendidikan agama Islam berbasis kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhaiminin. (2009). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Nasir, S. (2002). Peranan pendidikan agama terhadap pemecahan problema remaja. Jakarta: Kalam Mulia.
Nasution, N. E. A., & Rizka, C. (2024). Investigating University Student’s Acceptance of Virtual and Remote Labs in Their Learning. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 27(1), 47-62. https://doi.org/10.24252/lp.2024v27n1i4
Noerazizah. (2008). Pengaruh metode proyek terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X pada konsep pencemaran lingkungan [Skripsi, Universitas Islam Negeri Jakarta].
Purnama, D., Mas’ud, & Munip, A. (2025). Peningkatan Pemahaman Materi Salat Siswa melalui Media dan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i2.13
Rahayu, I., & Ardi, T. (2004). Observasi dan wawancara. Malang: Bayu Media.
Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital era 4.0: The contribution to education and student psychology. Linguistics and Culture Review, 89-107. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.2064
Ravshanovna, K. L., & Abdi-Xafizovna, K. M. (2024). The change in digital technology: revolutionising society and industries. Central Asian Journal of Multidisciplinary Research and Management Studies, 1(2), 238-241. https://doi.org/10.5281/zenodo.10784224
Suradika, A., Dewi, H. I., & Nasution, M. I. (2023). Project-based learning and problem-based learning models in critical and creative students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 153-167. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.39713
Syawaludin, A., Prasetyo, Z. K., Jabar, C. S. A., & Retnawati, H. (2022). The Effect of Project-based Learning Model and Online Learning Setting to Analytical Skills of Discovery Learning, Interactive Demonstrations, and Inquiry Lessons on the Pre-Service Elementary Teachers: Research Article. Journal of Turkish Science Education, 19(2), 608-621. https://doi.org/10.36681/tused.2022.140
Umar, M., & Ko, I. (2022). E-learning: Direct effect of student learning effectiveness and engagement through project-based learning, team cohesion, and flipped learning during the COVID-19 pandemic. Sustainability, 14(3), 1724. https://doi.org/10.3390/su14031724
Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: A meta-analysis study. Frontiers in psychology, 14, 1202728. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.